MUSYAWARAH DUSUN

Kabar Desa. Dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Pemerintah Desa Panca Tunggal Jaya, Kecamatan Penawar Aji, Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung menggelar Musyawarah Dusun (Musdus) di Dusun panca tunggal jaya pada kamis, 23.11.2017 Sehari sebelumnya

Pemerintah Desa Panca Tunggal Jaya menyelenggarakan Musdus di Dusun 1,2,3,4 dan 5.

Rangkaian kegiatan Musdus tersebut dilakukan untuk menggali gagasan masyarakat desa tersebut sebagai bahan dalam penyusunan RPJMDes Desa Panca Tunggal Jaya periode 2018-2023.

Kepala Desa Panca Tunggal Jaya, Bp. Antoni Murad mengatakan di awal kepemimpinannya yang ke giga kalinya ia ingin meletakkan dasar yang kuat di dalam membangun Desa dengan membuat RPJMDes yang benar sesuai dengan kebutuhan riil yang ada di masyarakat.

 

“Ini awal masa kepemimpinan saya yanh ke tiga, saya ingin meletakkan dasar perencanaan yang kuat dengan membuat RPJMDes yang benar sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat Desa Panca Tunggal Jaya,” Bp. Antoni Murad.

Dikatakan Bp. Antoni Murad kegiatan tersebut merupakan kewajiban desa agar perencanaan pembangunan dapat dirancang dengan melibatkan seluruh komponen yang ada di desa.

Sementara, Sekretaris Desa Budi Nurani menegaskan bahwa kesempatan Musdus adalah waktu yang tampan bagi warga mengusulkan sebanyak mungkin rencana pembangunan desa. Karena itu, Budi Nurani, warga Dusun yang pernah melakukan musdus diharapkan mengajukan sebanyak mungkin usulan rencana pembangunan baik fisik, pelayanan maupun di bidang pemberdayaan masyarakat.

Dari usulan yang disampaikan pada Musdus ini, tim khusus yang di SK kan oleh Kepala Desa pada saatnya akan memberi perangkingan agar ditemukan usulan mana yang menjadi prioritas kebutuhan masyarakat di Dusun tersebut.

Tentu saja, ujar Budi Nurani, pihaknya tetap mengharapkan dukungan Pendamping Lokal Desa dan Pendamping Desa yang mengabdi di wilayah itu.

Lebih lanjut, budi mengatakan setelah Musdus dilaksanakan, tim tersebut yang akan melakukan penyusunan rancangan untuk diangkat pada saat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Selain itu, Pendamping Lokal Desa, Muhamad Mustakim mengatakan Musdus sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam proses Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang merupakan metode pengumpulan data dan informasi dari tingkat basis dusun rt/rw.

Dikatakan budi, musyawarah ini dijadikan ajang penyampaian masukan penyusunan rencana program atau kegiatan pembangunan desa.

Ia mengharapkan usulan yang disampaikan warga didasari oleh data dan informasi yang lengkap dan akurat sehingga memudahkan pemerintah dan menentukan prioritas.

Sedangkan, Pemerintah Desa, ujarnya, wajib menginventarisir perkembangan kebutuhan masyarakat.

Ia pun mengharapkan masyarakat dapat bersabar karena tidak semua usulan dapat direalisasikan secara serempak tetapi direalisasikan secara bertahap sesuai prioritas kebutuhan.

  1. Menurutnya, Musdus dilakukan untuk mendorong partisipasi warga mulai dari perencanaan, sehingga diharapkan warga dapat terlibat aktif dalam pelaksanaan pembangunan dan pengawasannya.
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan